Skip to main content

Stereotip di Indonesia

https://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/c/c0/Indonesia_Ethnic_Groups_Map_id.svg/2000px-Indonesia_Ethnic_Groups_Map_id.svg.png

Menurut Wikipedia, Stereotipe adalah penilaian terhadap seseorang yang hanya berdasarkan persepsi terhadap kelompok di mana orang tersebut dapat dikategorikan. Stereotipe merupakan jalan pintas pemikiran yang dilakukan secara intuitif oleh manusia untuk menyederhanakan hal-hal yang kompleks dan membantu dalam pengambilan keputusan secara cepat. Namun, stereotipe dapat berupa prasangka positif dan juga negatif, dan kadang-kadang dijadikan alasan untuk melakukan tindakan diskriminatif. Sebagian orang menganggap segala bentuk stereotipe negatif. Padahal faktanya stereotipe dapat berupa prasangka positif dan negatif, dan kadang-kadang stereotipe dijadikan alasan untuk melakukan tindakan diskriminatif. Stereotipe jarang sekali akurat, biasanya hanya memiliki sedikit dasar yang benar, atau bahkan sepenuhnya dikarang-karang.

Water Lippman sampai saat ini dianggap sebagai orang pertama yang merumuskan stereotip dan membahasnya secara ilmiah dalam bukunya : Public Opinion, terbit tahun 1922. Sejak itulah stereotipe mendapatkan tempat dalam literatur ilmu-ilmu sosial, baik sebagai konsekuensi maupun sebagai peramal tingkah laku manusia.

Walaupun jarang sekali stereotipe itu sepenuhnya akurat, namun beberapa penelitian statistik menunjukkan bahwa dalam beberapa kasus stereotipe sesuai dengan fakta terukur.

Berikut adalah beberapa stereotipe mengenai etnis-etnis di Indonesia.

Batak

  • Orang Batak mengaku sebagai suku yang paling toleran di seluruh Indonesia. Karena itu menurut mereka, kerusuhan dengan motif etnik maupun agama tidak akan masuk ke “tanah air” mereka. Toleransi itu terjadi karena ada pertalian adat atau dalihan na tolu yang sangat kuat dipegang oleh orang Batak. Secara umum orang Batak mengaku tidak punya masalah dengan etnik-etnik yang lain, termasuk dengan etnik Tionghoa.
  • Orang Batak dikatakan suka berbicara dengan suara yang keras.
  • Orang Batak itu pemberani dan agresif, mereka berani dalam mengemukakan pendapat sendiri walaupun mereka berada di dalam kedudukan minoritas.
  • Orang Batak itu kasar, ini tampak dari kebiasaan mereka yang suka berbicara keras-keras dan suka berkelahi di depan orang lain dan pernyataan ini di dukung dengan perawakan mereka misalnya bentuk dan ekspresi muka.

Jawa

  • Orang Jawa juga mengaku sebagai etnik yang paling toleran dan paling mudah beradaptasi. Orang Jawa merasa tidak punya masalah dengan kelompok etnik mana saja.
  • Orang-orang  Jawa itu lamban dan masa bodoh.
  • Orang Jawa memiliki stereotipe sebagai sukubangsa yang sopan dan halus. Tetapi mereka juga terkenal sebagai sukubangsa yang tertutup dan tidak mau terus terang. Sifat ini berdasarkan watak orang Jawa yang ingin menjaga harmoni atau keserasian dan menghindari konflik, karena itulah mereka cenderung diam dan tidak membantah apabila terjadi perbedaan pendapat.

Minang

  • Bisa dikatakan semua orang Minang itu memeluk Islam. Orang  Minang yang tidak Islam itu secara etnis tetap Minang, tapi dia “dilempar” dari sukunya. Ada dua tali di Minangkabau, yaitu tali darah dan tali adat. Tali darahnya Islam, dan tali adatnya budaya Minang.
  • Etnis Minang disebut memiliki fanatisme kesukuan yang tinggi karena mereka suka membantu orang sekampung.
  • Orang Minang itu rela tidur di emper-emper dan berdagang sampai berpeluh-peluh  asalkan bisa mengirimkan penghasilannya ke kampung halaman.
  • Memiliki sikap dagang yang kuat, tidak ada tawar menawar bagi mereka.
  • Orang-orang Minang itu culas dan licik, seperti ada pernyataan yang mengatakan “tahimpik di ateh, takuruang di lua” ( terhimpit di atas, terkurung di luar).

Tiong Hoa

  • Etnis Tiong Hoa rajin, ulet dan serius.
  • Etnis tiong hoa baik di Indonesia maupun di seluruh dunia itu sudah dikenal sebagai perantau sejak ratusan tahun yang lalu. Mau tak mau mereka menjadi rajin dan ulet. Semakin hidup sulit semakin ulet, Jika tidak mereka akan mengalami diskriminasi di negara orang lain. Di negaranya sendiri mungkin juga ada yang malas karena merasa santai di negeri sendiri. Karena keuletannya tersebut semua etnis tiong hoa dianggap kelas menengah ke atas. Padahal dalam struktur sosial China, menjadi pedagang adalah pekerjaan yang paling rendah disana.
  • Ada yang mengatakan orang tiong hoa itu bersifat industrial dan ada juga yang melabel sebagai etnis yang commercial.
  • Orang Tiong Hoa tidak nasionalis, mereka sering menggukan bahasa daerah nereka sendiri dalam kehidupan sehari-hari bahkan di tempat umum sekalipun.
  • Orang Tiong Hoa selalu ingin duluan, tidak mau ikut antri, maunya nyerobot,tidak mau ikut aturan main.
  • Etnik yang paling aman dalam persoalan disintegritas bangsa, sebab etnik ini telah menyebar ke seluruh Indonesia.
  • Orang Tiong Hoa menganggap rendah masyarakat pribumi

Aceh

  • Etnik Aceh mengklaim etniknya sendiri sebagai etnik yang toleran. Mereka menjunjung tinggi toleransi antaretnik dan agama. Menurut mereka, di Aceh tidak akan terjadi konflik etnik atau agama. Orang Budha, Hindu, Kristen, atau siapa saja yang sembahyang di depan rumah mereka, tidak akan diganggu. Yang jadi masalah adalah kalau budaya dan kultur Aceh diinjak-injak.
  • Seperti pernyataan bahasa aceh “ureng aceh bek sigepih dipesakit hatejih” (orang aceh jangan sekalipun disakiti hatinya),
  • Orang Aceh terkenal sebagai bangsa yang gagah berani. Keterlibatan orang Aceh dalam perang di masa lalu tidak hanya  untuk kalangan laki-laki dan orang dewasa saja, tetapi perempuan pun juga banyak yang menjadi panglima perang di Aceh pada saat itu. Di situlah kita dapat melihat bahwa sifat Heroisme itu sangat kental dan hampir menyeluruh.
  • Orang Aceh adalah pekerja keras dan pantang menyerah. Jika dilihat dari aspek sosial, maka gerak bisnis orang Aceh sudah dimulai sejak pukul empat pagi. Disini dapat diketahui bahwa mereka yang menjual sarapan pagi tentu bangun lebih pagi daripada jadwal mereka harus membuka warung. Sehingga kadang kala, mereka boleh jadi bangun pada jam 2 pagi. Ini menandakan bahwa orang Aceh begitu kuat kemauannya dalam mencari nafkah. Ini belum lagi jika kita lihat masyarakat nelayan yang pagi buta sudah pergi berlayar, yang kadang kala juga jarang diselingi dengan shalat subuh.
  • Etnis aceh memiliki rasa kesukuan yang sangat menonjol (sukuisme/provinsialisme), bangga dengan etnisnya, dan saling menjunjung tinggi adat dan agama.
  • Etnis aceh berwatak keras, ingin menang sendiri, dan egois. Oleh karena itu mereka suka marah-marah dan mau menang sendiri.

Comments

Popular posts from this blog

Ciuman Bisa Menyehatkan Hubungan Pasutri

Menurut Wikipedia, Ciuman adalah perbuatan menekankan bibir seseorang terhadap salah satu anggota tubuh diri sendiri atau orang lain. Sebuah ciuman dapat digunakan untuk menyatakan banyak perasaan, antara lain cinta, gairah, kasih sayang, rasa hormat, salam, dan persahabatan. Beberapa ilmuwan berpendapat bahwa ciuman adalah perilaku yang kita pelajari, alias bukan insting dari kita lahir. Contohnya setelah kita nonton film yang punya adegan ciuman, kita jadi pengen nyoba ikutan. Kenapa kita suka ciuman? Banyak faktor yang menyebabkan kenapa banyak manusia yang suka sama Ciuman. Berciuman tentu sangat menyenangkan, saat kita merasa begitu menyatu dengan pasangan seraya merasakan debar jantung dan hembusan napasnya. Bukan hanya itu, dibalik nikmatnya ciuman mengandung sejumlah fakta menarik. Apa saja? Bukan hanya sekadar chemistry Saat paling menyenangkan melakukan ciuman adalah ketika pasangan sudah saling memiliki hubungan emosional yang kuat dan suasananya tepat,

Cara Cepat Mendapatkan Dollar dengan Android

Pernahkah anda berfikir bahwa Android kita bisa digunakan untuk mencari uang? Ya, kita bisa menggunakan hp Android kita untuk mencari uang, yaitu dengan aplikasi Whaff. Whaff merupakan aplikasi GRATIS yang bisa kita download di Play Store. nah langsung saja, berikut ini adalah panduan cara menjalankan Whaff agar cepat menghasilkan uang. Untuk menghasilkan uang dari Whaff, Anda harus menyelesaikan semua misi dan penawaran Whaff , baik itu mendownload aplikasi / games, menjalankan misi harian, beraktifitas di jejaring sosial untuk memaksimalkan pendapatan dan lain sebagainya. Bagi Anda yang baru saja mendaftar Whaff, berikut ini adalah step pertama untuk menghasilkan uang yang paling mudah. LANGKAH PERTAMA SETELAH DAFTAR WHAFF Setelah mendaftar Whaff dan memasukkan kode BO40084 , maka secara otomatis saldo dalam akun Whaff Anda akan menjadi 0,30 Dolar . Itu adalah bonus pertama saat mendaftar Whaff, bonus tersebut hanya akan anda dapatkan sekali saja, sesaat setelah mendafta

KETEGUHAN ABU BAKAR ASH-SHIDDIQ

Pada masa awal diutusnya Nabi saw, beliau mendakwahkan agama Islam dikota Makkah secara sembunyi-sembunyi. Dengan alasan keselamatan, kaum muslimin pada masa itupun menyembunyikan keislaman mereka. Hingga ketika jumlah kaum muslimin telah genap tiga puluh delapan orang, Abu Bakar ra mendesak Rasulullah saw untuk menda'wahkan dienul Islam secara terang-terangan. Berkatalah Rasulullah saw, "Wahai Abu Bakar, … sesungguhnya jumlah kita masih sedikit," Akan tetapi Abu Bakar tetap mendesak Rasulullah saw, sehingga beliau bersedia keluar menuju masjid berikut kaum muslimin. Di masjid mereka berpencar di sudut-sudut masjid, setiap orang berada pada kabilahnya masing-masing. Berdirilah Abu Bakar ra dihadapan manusia sambil berkhutbah. Sehingga dialah orang yang pertama kali berkhutbah menyeru manusia kepada Allah. Ketika orang-orang musyrik mendengar Abu Bakar ra mencela tuhan-tuhan mereka dan menyalahkan agama mereka, spontan mereka marah kepada Abu Bakar ra dan kaum